GERAKAN INDONESIA BERSATU

Banyak beragam cara untuk memeriahkan memperingati hari Sumpah Pemuda hari ini, salah satunya adalah dengan mengadakan upacara.

Tadi pagi di Lapangan Bukit Senapelan Kota Pekanbaru yang dihadiri oleh siswa siswa SMP, SMA dan SMK dalam lingkungan Yayasan Nurul Falah. Upacara berlangsung dengan sangat khidmat yang Pimpin oleh Bapak DRS. H. SUPRIYADI, M.Si, selaku Camat Senapelan Kota Pekanbaru yang tentunya sangat mengerti betul dengan sejarah peristiwa Sumpah Pemuda pada 82 tahun. Sebelum beliau memulai membacakan amanat, beliau mengucapkan sebuah kata mutiara “Tengoklah hari kemarin agar hari esok lebih cerah”.
Kalimat ini memang pantas kita resapi betul, karena hari ini sudah tahun ke 82 nya kita bertemu dengan hari peringatan sumpah pemuda. Coba kita tengok kembali pada tanggal 28 Oktober 1928. Peristiwa tersebut merupakan peristiwa bersejarah bagi kita semua. Sumpah yang dirumuskan oleh para pemuda-pemudi tersebut patut kita pahami agar kita bisa menjadi generasi yang lebih baik dan bisa diandalkan di masa mendatang.

Sebagai generasi penerus, kita harus membuang jauh-jauh sesuatu yang bisa membuat negara kita menjadi hilang kebudayaannya dan hilang rasa solidaritas kita kepada sesama. Jaga rasa persatuan kita agar kita tidak terpecah belah dan usahakan agar jiwa dan hati kita menyatu untuk Indonesia yang lebih baik.
Saya sebagai siswa di lingkuan Yayasan Nurul Falah Pekanbaru berjanji:
~ lebih menghormati, menghargai orang tua dan guru
~ akan meningkatkan intensitas belajar saya
~ selalu berusaha untuk tetap tidak pernah terlambat sekolah
~ tidak akan pernah membolos
Isi dari sumpa pemuda
Pertama
Kami Putra dan Putri Indonesia mengaku bertanah air satu, tanah air Indonesia

Kedua
Kami Putra dan Putri Indonesia mengaku berbangsa satu, bangsa Indonesia

Ketiga
Kami Putra dan Putri Indonesia mengaku berbahasa satu, bahasa Indonesia

Sejalan dengan itu, dipunghujung kegiatan upacara Hari Sumpah Pemuda yang juga dihadiri tokoh masyarakat Kemudian penanaman bibit tanaman tersebut langsung ditanam di lingkungan Lapangan Bukit Senapelan yang dimulai oleh Camat. Bibit tanaman ini sebagai penghijauan di Lapangan Bukit Senapelan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: