SUDAH OPTIMALKAH PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR


Oleh : Rita S

Kemajuan suatu bangsa tergantung oleh sumber daya manusia yang berkualitas juga yang memiliki inovatif dan kreatif. Tak bisa kita bayangkan bagimana nasib bangsa ini apabila generasi sekarang tidak siap dalam menghadapi persaingan era globalisasi disebabkan karena mutu peserta didik/ siswa dari tahun ketahun semakin menurun. “Sedih” , mungkin kata itu yang tepat menggambarkan keadaan dari rendahnya kualitas siswa saat ini.

Kita lihat dari contoh yang sering kita temui di sekitar sekolah, dimana masih ada siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) terutama kelas VII dan ada juga sebagian kelas IX belum bisa dalam perhitungan perkalian. Bahkan bukan itu saja, mereka juga belum lancar mengurangi suatu bilangan dengan benar. Padahal perkalian itu sudah seharusnya tuntas ketika mereka masih duduk dibangku Sekolah Dasar (SD) karena pelajaran tersebut merupakan dasar dari salah satu operasi hitung pada pelajaran Matematika. Tetapi kenyataan yang ada, ketika diberi pertanyaan mengenai perkalian siswa belum mampu menjawab dengan benar. Bagaiamana bisa melanjutkan pelajaran berikutnya kalau dari dasarnya saja mereka belum tuntas. Kondisi ini mengakibatkan terhambatnya proses belajar mengajar ketika di SMP. Sehingga memerlukan waktu yang lama untuk memberikan pemahaman terhadap pelajaran.

Dalam hal ini siapakah yang harus disalahkan?. Apakah siswa itu sendiri, guru SD atau ada factor – factor lain?. Tetapi yang jelas saat ini, kita tidak perlu mencari kesalahan dari pihak-pihak yang seharusnya bertanggung jawab terhadap masalah ini yang terpenting adalah masing – masing kita perlu intropeksi diri terhadap yang terjadi pada mutu pendidikan dari anak didik/ siswa sekarang. Sehingga kita mampu membekali siswa dengan ilmu yang bermanfaat yang nantinya dapat mencetak siswa yang berkualitas dan unggul dalam berbagai bidang.

Rita S
Guru SMP Nurul Falah

Satu Tanggapan

  1. Wah setuju negh… pelajaran matematika memang harus di tegaskan secara optimal semenjak SD, tapi kalau SD ngga bisa, ya lanjut aja di SMP..😛

    Dan ditambah lagi, bahasa asing (khususnya bahasa inggris) juga harus di terapkan semenjak SD, maklum sekarang persaingan bener2 global…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: